Thursday, March 14, 2013

Apalah Arti Singkatan dari Sebuah Nama



Jika terdapat kesalahan nama, tempat, atau apapun itu. Tolong tahan amarah, karena ini hanya project bacaan komedi karya orisinil saya.

***

Kalau mau mengingat sesuatu atau sedang menghafal rumus pelajaran, trik tercepat adalah menyingkatnya sesingkat mungkin agar bisa dijadikan Proklamasi yang paling singkat. Bukan itu. Tapi trik menyingkat suatu rumus adalah suatu cara cepat agar rumus tersebut bisa dengan mudah dihapal di otak kita. Bagi yang merasa otaknya di dengkul, saran ini tidak dianjurkan.

Misalnya aja kita mau menghapal Biologi bagian Pembelahan Meiosis I di Profase I dengan urut-urutan Leptopen, Zygoten, Pakiten, Diploten dan Diakenesis. Nama-nama sulit tersebut bisa disingkat jadi LeZPakDiDi. Mudeh ye? Ini adalah trik dari buku siap UN yang gue beli bersamaan dengan terbelinya majalah Animonstar di tukang loak. Bercanda. Hal apapun bisa dibikin singkatannya. Mulai dari menyingkat nama kita sendiri, nama pacar, nama kucing tetangga, bahkan sampai yang paling ngetrend saat ini adalah menyingkat nama sekolah, terutama SMA. Di kota tempat gue tinggal, banyak banget SMA bahkan SMK yang menyingkat nama mereka agar mudah diingat. Kayak gini nih,,

SMA 1: SMANSA. Cocok ya SMANSA, SMA Satu. Keren kedengarannya. Kalo nyingkatnya jadi SMANTU kayaknya sangat aneh dan artinya lebih ke PENGEN PUNYA MANTU SATU.

SMA 2: SMANDA. Kenpa gak SMANDU aja, terus belakangnya tambahin huruf ‘L’. Biar lebih bagus gitu.

SMA 3: SMAGA. Yang ini agak parah kalo namanya disingkat jadi SMATI. Lebih mengarah ke SEHIDUP SEMATI. Gue hidup, elu yang mati.

SMA 4: SMAPA. Coba diganti jadi SMAMPAT. Jadinya kayak WC yang MAMPAT karena lupa disiram.

SMA 5: SMALA. Bagus sih, tapi lebih bagus kalo jadi SMALI. Tinggal tambahin huruf ‘H’ di belakangnya. Ngelawak bareng kita.

SMA 6: SMASIX. Ini nama sekolah gue. Dalem ati gue mikir terus, kenapa cuman sekolahan gue yang pake Bahasa Inggris, apa karena ada gue??. Gak ngaruh.

SMA 7: yang ini gue gak tau apa singkatannya. Yang jelas gue pengennya disingkat jadi SMATUH. Supaya murid-muridnya pada patuh sama guru-guru di sana. Gue baik kan?

SMA 8: SMAPAN. Dari singkatannya aja udah sombong banget. Coba diganti jadi SMALAP. Aneh, ya?

SMA 9: gue juga gak tau apa singkatan ini sekolah. Dan gue juga pengen bikin singkatannya jadi SMASEM. Jadi pas begitu lewat sekolahannya, langsung terasa bau-bau asem apa gitu.

SMA 10: karena SMA ini sangatlah populer di kota gue. Mereka tidak punya singkatan apapun. Dan yang jelas, anak-anaknya pada songong. Paling-paling tawuran sama anak STM hilang dah itu kaki.

SMK 1: SMAKENSA. Ini sumpah yang paling parah kalo singkatannya salah. Bisa jadi SMAKEN*U.
Pernah juga karena saking sotoynya temen gue, dia ngerasa apa yang dia tau adalah hal yang gue juga tau.

            “ada undangan anniversary sekolah nih, di SMALA” gue ngasih tau ke temen-temen gue sambil kibar-kibar selebaran berwarna kuning di tangan. Moga-moga ada yang mau ngebonceng gue buat transport ke SMALA.
            “haa?? Di SMA DELAPAN, kah?”
            “sejak kapan SMALA ganti singkatan jadi SMA Delapan?”
            “terus di mana emang?”
            “SMA LIMA, dodol!”

Jadi berhati-hatilah kalo mau menyingkat sebuah nama atau apapun itu. Karena tidak semua singkatan yang kalian ciptakan itu layak didengar dan baik pada pencernaan (lho?). Semua tergantung dari kejeniusan kita dalam singkat-menyingkat. Dan apabila bertemu dengan salah seorang dari murid-murid SMA yang gue sebutin di atas, harap jangan panggil sekolah mereka dengan singkatan yang gue bikin. Karena bisa jadi hidup gue gak bakal bertahan lama.

***

4 comments:

  1. Asli ngakak baca postingan ini... XDD

    Btw SMA ku pake bahasa inggris juga, SMA 4 > Smafour, tapi di Berau, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Oh di Berau.. jauh juga ya. Keren tuh Smafour ^^

    Makasih udah mau baca postingan kagak jelas ini XD
    Postingannya Michii juga bagus2 :)

    ReplyDelete
  3. ekekekkkk,,,,,,
    ikut ngakak ajja dehhh
    ide dari mna tuh nyingkat nampang school????
    kepo ajja sehh,,,,,,
    gag boleh gag pa pa,,ma mi ajjaa,,,,:D

    ReplyDelete
  4. dapat ide dari yang maha kuasa XD
    biar enak nyebutnya disingkat *ngeles*

    ReplyDelete