Saturday, March 30, 2013

Sotoy Pembawa Bencana




****
Sotoy atau sok tau adalah hal yang lumrah bagi setiap orang kalau harus dihadapkan pada seseorang yang ingin bertanya atau sekedar ingin tahu. Kalau pun kita menjawab gak tau, pastinya gengsi dong, apalgi gue yang gengsinya selangit ini. Dengan kesotoy-an gue, gue akan menjawab pertanyaan orang-orang yang nanya ke gue dengan sedikit aksen meyakinkan. Dan hasilnya mereka 75% percaya. Alhamdulillah..

Tapi di saat itulah, kesotoy-an gue membawa bencana bagi gue sendiri. Ceritanya berawal pas hari Sumpah Pemuda tahun 2012 kemarin hari Minggu. Dari sekolah gue menyuruh beberapa muridnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan jalan santai (yang diadakan walikota) di GOR Segiri Samarinda. Well, gak Cuma jalan santai biasa doang, kami harus make kostum ala anak seni atau kostum atlet. Nah, karena gue cosplayer gue coba aja ikutan pake kostum Vampire Knight (tapi gak pake wig). Gue udah matching pake blazer putih, rok putih, kaos kaki putih dan make up gue juga udah pas.

Sekolah memberi tahu kalau jalan santainya dimulai jam tujuh. Padahal gue mikir waktu itu, kok jam tujuh sih? Gak kesiangan kah? Namun gue urungkan untuk berkata seperti itu. Gue lebih baik diam dan menunggu temen-temen gue dandan. Ada yang pakai kostum petani, hansip (yang selalu foto-foto dan yang ngefoto adalah gue!), anak SD, anak TK (nah kalau yang ini lebih mirip anak SLB akil baligh. Sumpah, gak matching sangat), ada yang pakai kostum bencong, maling dan lain-lain. Gak lupa spanduk atau lebih tepatnya kertas karton yang ditempel-tempel dengan tulisan “ARTIS PALARAN” udah siap ditangan untuk nanti jadi ikon buat sekolah gue.

Waktu menunjukkan sudah hampir jam tujuh dan para temen-temen cewek gue itu masih aja dandan gak selesai-selesai. Karena gue emang gak biasa menunggu dan  telat kalau datang ke acara apapun, gue sudah mencak-mencak dalam hati sambil tereak “WOII!!! LELET AMAT SIH?! GAK TAU KAH UDAH HAMPIR JAM TUJUH?!!”. Gue emosi. Tapi lagi-lagi gue urungkan niat untuk berkata seperti itu karena gue liat temen gue yang lagi dandan bawa arit dan gue gak mau ngerasain arit itu nancap kepala seseorang. Yakni gue!

Akhirnya karena sudah nyaris telat, kami segera berangkat namun temen gue masih ada aja yang belum selesai dandan. Damn it!. Karena itulah temen-temen gue berrencana untuk menyelesaikan dandanannya di rumah salah satu guru seni kami yang ada di Samarinda. Gue gak sendiri naik motor ke sana, gue diharuskan untuk membonceng salah satu temen dari temen gue yang mengenakan kostum anak SD. Sebut saja namanya Kriwil. Sebenernya gue mau-mau aja barengan sama itu orang, tapi gue males yang ngebonceng. Yang jadi masalahnya dia gak mau bonceng pakai motor orang, dan hasilnya adalah gue yang bonceng dia. Truthly, that’s annoying me so much.

Perjalanan dari Palaran ke Samarinda kurang lebih satu jam dan jam tujuh lewat kami sudah nyampe di sana (rumah guru seni gue). Gue udah ketar-ketir nih telat apa kagak ya? Aduh, kalo telat nanti kan jadi malu. And then, temen gue yang belum selesai dandan itupun cepet-cepet dandan. Namun karena tak ada satupun yang bersedia mendandani dia, akhirnya gue yang turun tangan. Gue gambar matanya jadi kayak nenek sihir (karena dia pake kostum nenek sihir). Dan resultnya lumayan bagus kok. Gak percuma gue sering nonton tutorial make up cosplay di YouTube. Semua sudah selesai, kami pun berangkat ke GOR yang memakan waktu sekitar lima belas menit.

Pelan-pelan gue udah nyampe gate entrance dan dari kejauhan gue udah liat buaaannnnyak banget orang-orang di sepanjang jalan juga dengan banyaknya botol minuman yang berserakan di sekitar mereka. Ada yang duduk, ada yang berdiri, dan ada yang telentang di tengah jalan (ini bohong).  Gue masuk dan diikuti temen-temen gue di belakang. Gue sudah parkirkan motor gue dan temen gue baru aja dapat sms kalau kami harus ke bagian belakang GOR karena temen-temen yang lain sudah ada di sana.

Berbekal nekat dan sedikit malu, gue jalan aja ngelewatin orang-orang yang lagi kecapek’an di sana. Dan akhirnya gue menemukan sebuah truk yang disebelahnya sudah ada temen-temen, adek kelas dan guru-guru gue. Satu hal yang gue sudah duga sebelumnya adalah, guru gue mengatakan bahwa jalan santainya sudah selesai lima menit yang lalu. SIALAAAAAAAAAAAAAAANNNNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!

Bener apa yang gue pikirkan dari tadi. Orang-orang kecapek’an di sana ternyata udah selesai jalan santai. Jelas gue jengkel, mengingat ini salah siapa coba? Pertama, salah guru gue yang bilang kalau mulainya jam tujuh, dan yang kedua adalah salah temen-temen gue yang lelet dandan. Saat itu gue pengen banget rasanya memakan tiang lampu di sebelah gue dan menelannya tanpa dikunyah... (maaf agak ekstrim).

Tapi enaknya, para guru udah siapkan sarapan buat kami semua. Yah, lumayanlah walaupun makannya beralaskan kertas nasi doang dan gak pake sendok. Cukup membuat kekesalan gue nambah satu. Karena kesel, gue jadi gak mood makan. Gue Cuma numpang makan sama temen gue si Gede dan untungnya dia gak keberatan. Gue bingung habis ini mau langsung pulang atau jalan-jalan dulu ya? Temen gue yang berkostum bencong pun itu menawarkan ke gue untuk nonton film di 21. Yah, lumayan daripada langusng pulang gak ada kerjaan juga. Gue pun ikut, dan tentunya bareng Kriwil karena dia gak ada tumpangan lain buat pulang kalau dia pulang sekarang juga.

Sebelum itu kami ke rumah guru seni gue lagi buat ganti baju. Yaeyalah, mana mungkin ke mall pake kostum bencong dan hansip?! Setelah semuanya udah siap (kecuali gue yang tetep make rok tapi atasannya pake jaket plus sendal jepit punya guru gue), gue dan temen-temen cabut ke 21.

Dengan uang sebesar 35 ribu, kami akan nonton film (waktu itu kami nonton Sang Martir) dan menunggu cukup lama untuk film yang akan diputar dua jam lagi. Gak tau harus kemana, akhirnya kami duduk-duduk di bangku sebelah Restoran China yang sangat mahal. Kami ngobrol-ngobrol sambil ketawa-ketawa. Dan temen gue berkostum hansip (namanya Egi) pun memanggil gue untuk memfoto dirinya bersama sang pacar. So what?! Cuman gue dan Kriwil yang jomblo di situ? Payah! Dan setelah beberapa kali gue encok gara-gara nahan hape buat foto dia, Egi pun minta temen yang lain buat fotoin dia bareng gue. Ya sutralah... jadi kerjaan kami di situ ya foto-foto gaje dan ketawa-ketawa yang gak kalah gaje juga.

Menunggu dua jam untuk film diputar bukanlah sesuatu yang singkat. Sebentar-sebentar berdiri karena capek duduk, begitu sebaliknya. Karena kami duduk di sebelah restoran China, gue dan temen-temen gue ngeliatin aja orang-orang yang keluar masuk itu restoran. Pertama adalah satu keluarga Chinese lengkap dengan kakek nenek dan cucunya keluar dengan wajah kekenyangan dan kemerahan, apalagi yang perempuan (termasuk neneknya) pake rok setengah paha (pahanya juga merah). Apa mungkin di sana mereka makan kepiting rebus bersama dengan airnya yang mendidih? Gue hanya mengira-ngira. Gue bilang sama temen gue, si Zuni “yang keluar orang Cina. Pantes. Orang kaya”. Dan dia langusng mengangguk sambil cekikian.

Setelah tiga kali keluar, yang terlihat hanyalah sekeluarga Chinese dengan wajahnya yang kemerahan. Dan yang kali ini cukup buat gue dan temen-temeng gue rada kaget. Yang keluar adalah satu keluarga India asli dengan bahasanya yang juga pakai bahasa India. Posturnya tinggi besar, kulitnya hitam dan hidungnya mancung sekali. Kalo gue disejajarkan sama mereka mungkin gue sudah kayak segede upilnya mereka. Kecil sekali... Mereka gak cuman ibu bapak adek kakak doang, mereka ternyata juga bawa bayi yang masih tidur di kereta bayi. Temen gue penasaran dan dia pura-pura jalan padahal cuman mau ngeliat gimana rupa si bayi. Apakah sama mancungnya atau tidak?. Dan dia bilang kalau si bayi ternyata lebih mancung dari kedua orang tuanya. WTF! Gue langsung minder dan mengelus-ngelus hidung gue. Betapa hidung gue ini sangat terdiskriminasi oleh hidung orang-orang India.

Dua jam berlalu, kami pun segera ke 21 dan gue gak surprise sih melihat bioskopnya masih sepi. Orang pertama yang masuk ke bioskop cuman kami mengingat filmnya gak terlalu booming. Sudah ada teh dingin dan popcorn asin di sebelah gue. AC mulai dinyalakan sampai full, dan brrrrrr.... dingin banget gilaa!! Untung gue pake jaket. Lima belas menit filmnya diputar, mendadak migren gue kumat dan gue memutuskan untuk pejamkan mata dan ternyata kebablasan tidur sampe dua puluh menit. Setelah otak gue refresh, gue jadi semangat nonton lagi sampai selesai. Film yang diputar kurang lebih dua jam ini mengingatkan gue kalau sekarnag sudah jam empat sore. Parahnya gue belum sholat Dzuhur dan Ashar. Dalam hati gue minta ampun banget,, kenapa gue jadi lupa begini. Dan gue mikir untuk pulang sekarang dan menunaikan keduanya di rumah.

Tapi salah satu temen gue baru aja dapat kabar kalau Bokapnya meninggal di rumah sakit. Temen-temen gue pun segera ke rumah sakit dan gue bareng Kriwil aja yang pulang. Gue nanya sama dia “lo hapal jalan gak?” dia jawab “gak”. Mampus gue! Namun kesotoy-an gue muncul tiba-tiba. Gue jalan aja seenaknya tanpa terasa gue udah muter dua kali di tempat yang sama. Setelah jengkel, gue pun gak sadar kalo gue sudah berjalan lawan arah. Tambah parahnya lagi, kawasan yang gue salah arah itu deket sama pos polisi. JDUUAARRR!!!!!. Akhirnya gue kena tilang.. pak polisi jelek!!!!! Mana motor gue baru lagi, oh Kurohime (motor gue).. maapin mamih yaa~~. Pak polisi pun minta duit 250 ribu dan sial gue cuman punya 150 ribu lebih tiga ribu. Gue minta patungan sama Kriwil buat nambahin 100 ribu sisanya, dan dia bilang “duit gue udah habis tadi buat nonton film”. DOBEL MAMPUS!!! Gue pasang muka melas aja sama itu polisi, dna akhirnya diterima juga duit 150 ribu itu, walaupun dengan berat hati gue memberikannya.

Setelah di kasih tau jalan sama polisi jelek itu, akhrinya gue bisa pulang. Masih kesel karena duit 150 ribu gue lenyap ditelan polisi, gue makin ngebut Magrib Magrib itu. Dan gue baru sadar kalo panah bensin gue udah ke level merah. Bensin gue habis sialan!! Gue masih berterima kasih karena Kurohime gak mati di perjalanan. Gue pun nganter pulang si Kriwil dan gue pun pulang sambil nangis.. “MAKK,, GUE KENA TILANG!!!”

Jadi janganlah sotoy di manapun lo berada. Karena kesotoy-an mampu membawa bencana dan malapetaka bagi lo sendiri. dari sini gue juga udah belajar kalo gue jadi orang yang akan dibonceng, bukan yang ngebonceng.

***

No comments:

Post a Comment