Thursday, March 14, 2013

Penting gak sih TK?



***

Orang tua gue gak pernah masukin anak-anaknya ke Taman Kanak-Kanak (TK) sebelum masuk ke SD. Kenapa? Gue juga gak tau. Kakak-kakak gue gak pernah mengenyam pendidikan TK sama halnya kayak gue. Well, seberapa penting sih TK bagi anak-anak? Menurut gue sih gak penting. Soalnya, di TK cuman diajarin gambar jerapah (gak jerapah juga ding), bersosialisasi, melakukan hal-hal yang mudah dan itu semua udah pernah gue dapatin walaupun gue gak TK. Gue ngerasa pendidikan TK cuman buang-buang waktu dan buang-buang duit. Kalo TK nya menghasilin duit mah gue TK aja kalo gitu, jadi tukang sapu juga boleh. Jadi, gue dan kakak-kakak gue langsung sekolah dari SD atau bahasa kerennya akselerasi SD. Well, semuanya kebukti pinter-pinter kok. Malah berdasarkan gue survey sendiri, anak-anak yang dulunya pernah TK cenderung gak terlalu menonjol pinternya sewaktu dia masuk SD. Jadi bisa di ambil kesimpulan, gue udah pinter, jadi gue gak butuh TK.

Tapi nih ya, anak-anak sekarang pada manja dan cenderung pengen sesuatu yang beda dari temen-temennya yang lain. Anak-anak jaman sekarang sekolahnya gak mulai dari TK lagi, tapi PlayGroup atau PAUD [Pendidikan Anak Usia Dini] yang sekolahnya mulai dari umur empat lima tahun. Sebenernya kalo orang tuanya sayang sama anaknya, pasti mereka bakalan ngajarin anaknya sedikit pendidikan dasar di rumahnya sendiri, tanpa harus nenteng-nenteng anaknya ke PAUD. Toh, intinya mereka juga main. Dan inilah yang bikin lapangan kerja di Indonesia nambah satu. Jadi guru PAUD.

Sekarang temen-temen gue yang udah mau lulus SMA, pada banyak yang ngambil kuliah jurusan FKIP prodi PAUD. Entah karena dasar apa mereka milih itu. Mungkin karena tampang anak kecil yang imut-imut (tapi nakalnya mendunia), atau pendidikan yang diajarkan di PAUD hanya sebatas satu ditambah satu, atau jangan-jangan di antara temen-temen gue itu ada yang pedopil trus anaknya diculik buat kepuasan temen gue. Oke, yang ini agak berlebihan.

Jadi pengajar atau guru itu susah gan, sis. Apalagi ngajarin anak kecil umur dua tiga tahun. Mending-mending anaknya pendiem, lah kalo kelakuannya kaya monyet lapar keluar dari Kebon Raya gimana? Kan bahaya. Terlebih lagi tahun-tahun mendatang gaji guru bakal turun, gue baca di internet situs bokep (lho?). Tahun mendatang gak segampang tahun ini. So, masih adakah niat untuk menjadi guru? Gue mah gak.

Gue gak tertarik jadi guru karena satu: keluarga gue [kecuali bokap] semuanya berprofesi guru. Mulai dari nyokap, kedua kakak kandung gue, dan kedua kakak ipar gue semuanya merangkap guru SD. Well, kalo misalnya ada pertemuan guru, pasti bukan pertemuan guru lagi yang ada. Tapi pertemuan keluarga. Dan alasan kedua gue gak mau jadi guru adalah: guru itu mengajarkan pendidikan dan kebaikan. Kalo gue gak bisa gitu, bawaannya gue malah ngajarin bagaimana cara kentut yang baik dan benar agar tidak tertangkap basah oleh orang lain. Dan para orang tua murid akan berterima kasih pada gue karena anaknya tak lagi malu jika kentutnya keluar di depan orang lain.

Jadi guru itu juga musti sabar-sabar. Bagi gue yang gak sabaran ini, kalo gue jadi guru pasti anak murid gue udah gosong dan bau cacing asap karena gue bakar. Pada dasarnya gue suka sama anak-anak, tapi mengingat adek sepupu gue yang masih kecil udah pinter bohong, gue tarik lagi ucapan gue. Bayangin aja, elu gak ngambil makanan di meja dan tapi adek lu dengan kepolosan fatamorgana nya, dia ngadu ke nyokap lu kalo elu yang  ngambil itu makanan. Padahal, adek lu sendiri yang nyolong. ANJRIT!!!

Gue juga pernah trauma sama adek sepupu gue yang satunya. Yang ini cowok. Waktu itu gue masih sekitar umur sembilan taun, dan dia delapan taun. Karena bokapnya masuk rumah sakit, jadi untuk sementara dia tinggal di rumah gue. Nambah saingan rebutan tipi. Permasalahannya bukan di situ. Entah setan apa yang ngerasukin dia. Mungkin kunti, mungkin buto ijo, atau buto biru sekalian, gue yang asik-asing nonton tipi siang-siang dikejutkan oleh sepasang tangannya dia yang berusaha nyekek leher gue. Apa coba maksudnya??? Mau bunuh gue supaya warisan keluarga gue jatuh ke tangan dia terus dia dengan berkuasa ngeganti nama gue jadi namanya dia di akte kelahiran gue?? WOW. Sejujurnya, dulu gue gak sempet ngebayangin sampe situ. Semua sepupu gue emang gak ada yang beres, dan sebenernya gue gak mau ngaku kalo mereka berdua itu adek sepupu gue. Imajinasi gue tentang betapa polos dan imutnya anak kecil hancurlah sudah karena kehadiran dua iblis macam mereka.

Balik lagi ke TK. Gue dulu juga gak berharap mau masuk TK. Mungkin karena bantuan nyokap gue juga, gue bisa masuk SD di kelas A. Dan pasti ini karena gue yang pinter karena bisa bertahan sekolah di SD berada di kelas unggulan terus. Bahkan sampe SMA pun terus di unggulan. Gue hebat ya, gak TK ataupun PAUD pun gue bisa pinter kayak gitu. Apalagi gue kalo TK, mungkin gue udah masuk kelas akselerasi terus tiap tahun. Suer, ini gak nyambung.

Dan kalo gue ditanya sama dosen tentang pendidikan apa yang gue enyam selama ini adalah, wajib belajar dua belas tahun. Tanpa TK, karena TK tidak dimasukkan dalam program pemerintah wajib belajar dua belas tahun. Kalaupun ada, pemerintah akan mengganti namanya jadi WAJIB BELAJAR TIGA BELAS TAHUN.
***

No comments:

Post a Comment