Saturday, June 15, 2013

Pengalaman Try Out Provinsi Gue -_-


Sebenernya ini adalah cerita lawas yang sengaja di posting mendekati gue kuliah ini, entah kenapa ada bisik-bisik terdengar di telinga gue untuk gue segera memposting ini cerita menyedihkan *preet*. Yah, ini tentang pengalaman di hari-hari ujian try out provinsi sekitar dua tiga bulan yang lalu.
Pengalaman di hari ketiga Try Out Provinsi. Hmm,, rasanya pengen nyeburin diri ke jurang dan langsung nembus ke inti bumi. Well, that’s so terrible day. Gimana gak coba? Gue udah belajar Matematika mati-matian dari siang sampe malam dan yang diujikan lebih susah dari yang gue bayangin. Dari empat puluh soal hanya sembilan belas yang bisa gue kerjain. Gue udah belajar Modus yang keluar rata-rata, gue belajar Translasi yang keluar Dilatasi. Gue pasrah....

Dan yang parahnya lagi, yang ngawas rese’ abis. Si oom itu sok kenal gitu, dia mengklaim dirinya bahwa dia adalah seorang guru matematika dari SMA sebelah. So, dia bilang kalo ada soal yang susah tanya aja, nanti dibantuin. Yang paling sialan adalah ketika semuanya dapat giliran dibantuin, gue sendiri yang gak dapat. Sompreeetttttt....

Seenaknya aja ngelewatin gue, dan gue sudah membalas dendam dengan cara sebelum pulang gue gak mau salim a.k.a cium tangan  sama si oom itu. Huehehheee,,, males dah.. rugi gue ngasih cium tangan sama dia.

Melanjutkan dari dua hari sebelumnya, guru-guru yang ngawas di ruangan gue pada gak ada yang beres. Hari pertama Bahasa Indonesia, dua ibu-ibu yang satu pake baju ungu dan yang satunya pake batik. Jadi kita manggilnya BBU (Bu Baju Ungu) dan BBB (Bu Baju Batik). BBB dengan kacamata minusnya bersikap (sok) cool dan anggun *ceileh* ngawasin manusia-manusia yang ada di ruangan gue. Sementara BBU ngajakin ngobrol mulu tapi sesekali aja ditanggepin sama BBB. Terus waktu hari kedua pelajaran terakhir  Bahasa Inggris, yang ngawas juga dua ibu-ibu yang satu gak pake jilbab. Si ibu tanpa jilbab itu kita panggil BTJ (Bu Tanpa Jilbab) dan yang satunya BJB (Bu Jilbab Besar). Oke, waktu season listening, gue ketawa-ketawa aja liat pilihan jawabannya karena soalnya sama kek listening UN 2012. Well, gue udah lancar ngejawab itu soal. Dan yang bikin kesel adalah BTJ & BJB ngobrol mulu dari listening sampe ujian habis dua jam. Bergosip terus,, gue jadi gak bisa mikir *emang lo bisa mikir, Ri??*. Gue kira BTJ orang nonmuslim, eh sekalinya waktu gue mo pulang gue salim dan ngucap Assalamualaikum, dia jawab Walaikumsalam.. jiahh, perkiraan gue meleset lagi.

Tapi yang paling lumayan gokil adalah di hari terakhir, hari keempat try out provinsi mapel yang diujikan adalah Kimia dan Biologi. Begitu soal Kimia gue buka, widiiihhh.... sama persis dengan soal try out kedua gue. Jadi, tanpa masak nasi  dulu, setengah jam gue sudah selesai dengan soal gue.. huahahhaha... bingung mau keluar apa gak, gue tungguin aja sampe empat puluh lima menit. Gue pun keluar, menunggu temen-temen gue keluar sambil belajar Biologi sendirian di luar. Banyak anak-anak IPS yang sudah sliweran jalan ke kantin sambil menatap ‘takjub’ ke arah gue. Mungkin mereka pikir ‘wow, anak IPA tumben Kimia cepet keluar’. Huahahaha,,, mungkin begitu isi pikiran mereka. Dan gak lama kemudian, salah satu guru pengawas laki-laki ruangan sebelah, tiba-tiba keluar dan berjalan santai ke arah gue. Dalam hati gue berdo’a ‘jangankesinijangankesinijangankesini’, tapi akhirnya si Bapak itu mendekat ke arah gue dan ngomong sok akrab. Isi percakapannya sama persis seperti berikut:
Oom Guru Pengawas (OGP): “sudah selesai,.. cewek?”
Gue: (dalem ati: Jiahh, manggil gue cewek. Belum tau dia kalo gue ini sebenernya cowok) “iya, pak” *bersikap wajar*
OGP: “soalnya gampang, ya?” *mulai deket-deket*
Gue: “iya, pak..” *berusaha gak ngeliat itu OGP dengan baca kertas soal*
OGP: “banyak yang bilang soalnya gampang, tapi jawabannya yang susah”
Gue: “iya, hhehhehhe *ketawa garing dan maksa*”
OGP: “pelajarannya dua, ya? Kimia sama Biologi”
Gue: “iya” (Bapak gak liat jadwal ya??!!)
OGP: “Biologi itu yang susah” *kayaknya mencoba gue untuk mau ngobrol sama dia*
Gue: “iya pak susah (apalagi kalo ngeliat Bapak, tambah susah loh pak)”
Bapak OGP gak nanya-nanya atau mancing gue buat ngomong lagi, diem aje dia sambil ngeluarin henpon dari kantong celananya. Gak lama suara bunyi ringtone standar hape terdengar (tau kan itu hape apa), mungkin istrinya dirumah sms supaya cepet pulang buat ngasih makan anaknya, huaahhaha.. dan OGP pun kayaknya mengetik sms dan selang beberapa menit di melanggang pergi dari hadapan gue (Alhamdulillah,, selamat dari kesengsaraan). Namun sesuatu saat dia lewat sangat tercium jelas di indra penciuman gue. Aroma minyak wangi khas orang tua yang sangat membuat gue bersedia untuk bungee jumping tanpa tali dan bahkan lalat yang lewat pun sampai lupa diri. Sumpah!!! Baunya kayak perpaduan minyak nyong-nyong campur kaos kaki bekas. Lo pasti bisa bayangin betapa tidak sedapnya bau itu. Dan gue harus tahan napas selama kurang lebih lima menit karena oksigen di sekitar gue sudah tercemar bau aneh itu.

Mapel terakhir di hari itu adalah Biologi. Gue sudah siap dengan segala soal yang nanti akan diberikan, karena gue udah belajar giat. Pokoknya minimal gue harus dapat enam puluh. Dan,, tibalah dua guru laki-laki pengawas yang sudah datang membuka pintu kematian (baca:pintu ruang ujian). Satu sosok yang gue pernah lihat dan gue kenal sebelumnya. Siapakah orang ini, perasaan gue sering banget ketemu sama ini orang. Gue mikir, tapi gak ketemu-ketemu. Sampai akhirnya temen gue nyeletuk, “Bapak yang sering jaga warnet, ya? Yang sering di bengkel juga?”. Yak, akhirnya gue ingat juga. Si Bapak tinggi ini adalah pemilik warnet yang dulu sempet jadi warnet langganan gue, dan juga sekaligus pemilik bengkel yang dia bikin di sebelah warnetnya. Satu ruangan ujian akhirnya pada ketawa pas ngeliat si Bapak jaga warnet spechlees gara-gara dibilang begitu. Hebat sekali guru ini, punya pekerjaan ganda seperti itu. Pagi di sekolah, malam di bengkel. Good, Sir!!

Soal Biologi bikin gue pengen makan itu kertas soal. Susahnya MasyaAlloh~~~ gila soalnya (apa gue yang gila). Dari empat puluh soal, Cuma bisa ngejawab lima belas. Bahasa latin yang bikin gue pusing setengah mokat. Tanpa ngeliat soal lagi (karena udah males), gue akhirnya menjawab asal dan yang penting semua terisi. Hahaha,, jangan ditiru perbuatan gue ini. Suer, demi kebaikan umat jangan ditiru.

Pesan gue adalah, pertama belajarlah dengan sungguh-sungguh, kedua kalo sudah mentok gak bisa jawab pasrah dan berdo’a pada yang Maha Kuasa, dan yang ketiga adalah jangan mau diajak ngobrol oleh Oom-Oom ganjen sekalipun itu adalah guru lo atau guru lain. Ingat pesan penting gue ini.

No comments:

Post a Comment